Literatur Buku

Pengukuran Efektivitas Menurut Kemp dalam Imaroh

blogger templates
Literatur Buku - Menurut Kemp dalam Imaroh (2008: 22), ukuran efektif dapat diukur dari beberapa jumlah siswa yang berhasil mencapai tujuan belajar dalam waktu yang telah ditentukan. Efektivitas dapat dijadikan barometer untuk mengukur keberhasilan pendidikan yang mencerminkan sampai sejauh mana tingkat keberhasilan yang telah dicapai peserta didik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditentukan. Akan tetapi pengukuran efektifitas seringkali tidak dapat diketahui dalam jangka pendek tapi dalam jangka panjang setelah program berhasil, sehingga ukuran efektivitas biasanya dinyatakan secara kualitatif (berdasarkan pada mutu) dalam bentuk pernyataan saja (judgement), artinya apabila mutu yang dihasilkan baik, maka efektivitasnya baik pula.

Kriteria untuk dapat menetapkan apakah berhasil tidaknya suatu pembelajaran secara umum dapat dilihat dari dua segi, yakni kriteria ditinjau dari sudut proses pembelajaran itu sendiri atau kriteria yang ditinjau dari sudut hasil atau produk belajar yang dicapai siswa. Dari segi proses pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila seluruhnya atau setidak-tidaknya sebagian besar (75%) peserta didik terlibat secara aktif, baik fisik, mental, maupun sosial dalam proses pembelajaran, disamping menunjukkan kegairahan yang tinggi, semangat belajar yang besar dan rasa percaya pada diri sendiri. Sedang dari segi hasil, proses pembelajaran dikatakan berhasil apabila terjadi perubahan perilaku yang positif pada diri peserta didik seluruhnya atau setidak-tidaknya sebagian besar (75%) (Imaroh, 2008: 12). Lanjutan materi dari Pengertian Efektivitas dan Landasan Teori Efektivitas
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

1 Response to "Pengukuran Efektivitas Menurut Kemp dalam Imaroh"

  1. Selamat sore..
    Saya mohon bantuannya untuk Nama Buku,Halaman, Pengarang, dan penerbit tentang teori efektivitas seperti yg anda tulis di atas.
    Kirim ke email ini ya nedyaeka@yahoo.com
    Terima kasih banyak.

    ReplyDelete