Literatur Buku

Konsep Dasar Data Flow Diagram (DFD)

blogger templates
Literatur Buku Telah Mempersiapkan Segala hal referensi Buat anda. DFD adalah alat gambaran sistem secara logikal”.8 DFD merupakan diagram yang menggunakan notasi-notasi atau simbol-simbol untuk menggambarkan arus dari data sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir atau data tersebut akan disimpan.

Levelisasi DFD

Levelisasi pada DFD adalah penggambaran DFD dengan membagi DFD berdasarkan tingkatan dari tingkatan yang paling tinggi sampai dengan tingkat paling bawah yaitu :

Diagram Konteks (diagram level 0 )

Diagram ini dibuat untuk menggambarkan sumber serta tujuan data yang akan diproses atau dengan kata lain diagram tersebut untuk menggambarkan sistem secara umum atau global dari keseluruhan sistem yang ada.

Diagram Zero (diagram level 1)

Diagram ini dibuat untuk menggambarkan tahapan proses lebih terperinci dari diagram kontek.

Diagram Primitif / Detail ( diagram level 2 )

Diagram ini dibuat untuk menggambarkan arus data secara lebih mendetail lagi dari tahapan proses yang ada di dalam diagram nol.

Komponen DFD

Ada 4 simbol yang digunakan dalam DFD yaitu : Terminator / Kesatuan Luar
Terminator mewakili entitas eksternal yang berkomunikasi dengan sistem yang sedang dikembangkan. Komponen terminator digambarkan sebagai berikut :

Proses (Process)
Suatu kegiatan sistem yang mentransformasikan dari masukkan ke keluaran. Komponen Proses digambarkan sebagai berikut :

Simpanan Data (Data Store)
Simpanan data merupakan simpanan dari data yang dapat berupa :
- suatu file database
- suatu arsip atau catatan manual
- suatu table acuan manual

Komponen Data Store digambarkan sebagai berikut :
Simbol Data Store

Arus Data (Data Flow)
Arus data ini mengalir diatara proses, simpanan data (Data store) dan kesatuan luar, serta menunjukkan arus dari data yang berupa masukkan dari sistem atau hasil dari proses sistem. Komponen Data Flow digambarkan sebagai berikut :
Simbol Data Flow

Perancangan Terstruktur
Perancangan Terstruktur adalah pengembangan model untuk memecahkan masalah dengan menggunakan sistem komputer, yang memiliki hubungan yang sama dengan masalah aslinya.
Tavri D. Mahyuzir, Analisa Perancangan Sistem Pengolahan Data, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 1989, hal :41.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

5 Responses to "Konsep Dasar Data Flow Diagram (DFD)"

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    ReplyDelete
  2. Mohon bantuanya apa nama pengarang dan judul buku nya?? Dri pembahasan di atas nurnisaicha92@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Mohon bantuanya apa nama pengarang dan judul buku nya?? Dri pembahasan di atas nurnisaicha92@gmail.com

    ReplyDelete