Literatur Buku

Penjelasan Konfigurasi Pin Mikrokontroler IC AT89S51 Lengkap

blogger templates
Konfigurasi Pin Mikrokontroler IC AT89S51yang telah di bahas sebelumnya yaitu Penjelasan Spesifikasi Mikrokontroler AT89S51 Lengkap dan Literatur buku melengkapi melalu artikel ini. dengan penjelasan lebih mendetail.

Pin adalah kaki fisik dari sebuah IC AT89S51. Masing-masing pin memiliki fungsi dan karakteristik tersendiri yang harus diperhatikan. AT89S51 memiliki beberapa pin, ada yang berfungsi sebagai jalur input/output (I/O), ada yang berfungsi sebagai jalur kontrol, dan ada juga yang berfungsi sebagai addres bus atau data bus. Konfigurasi pin AT89S51 dapat dilihat pada gambar 2.17.
konfigurasi pin AT89S51

Berikut ini adalah penjelasan dari pin-pin AT89S51:

a. Pin 1 sampai 8

Pin 1 sampai 8 merupakan port 1 yang menjadi saluran (bus) dua arah input atau output 8 bit. Dengan internal pull-up yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan dapat mengendalikan empat input TTL. Port ini juga digunakan sebagai saluran alamat pada saat pemrograman dan verifikasi.

b. Pin 9 (RST)

Merupakan masukan reset (aktif tinggi) untuk dua siklus mesin.

c. Pin 10 sampai 

17 Pin ini merupakan port 3 yang merupakan saluran (bus) input/output 8 bit dua arah dengan internal pull-up yang memiliki fungsi alternatif. Fungsi alternatif ini disajikan dalam tabel 2.18.
Ketika logika 1 diberikan ke port 3, maka pull-up internal akan menset port pada kondisi high dan port 3 dapat digunakan sebagai saluran input. Bila fungsi alternatif tidak dipakai, maka fungsi ini dapat digunakan sebagai port pararel 8 bit serbaguna. Selain itu, sebagian dari port 3 dapat berfungsi sebagai sinyal kontrol pada saat proses pemograman.

Tabel 2.18 Fungsi alternatif port 3

Pin port     Alternatif                            keterangan
P3.0         RXD            Untuk menerima data port serial
P3.1         TXD            Untuk mengirim data port serial
P3.2         INT0’           Interupsi eksternal 0
P3.3         INT1’           Interupsi eksternal 1
P3.4          T0                Input pewaktu eksternal/pencacah 0
P3.5          T1                Input pewaktu eksternal/pencacah 1
P3.6          WR’             Jalur menulis memori data eksternal strobe
P3.7          RD’              Jalur membaca memori data eksternal strobe

d. Pin 18 dan 19

Jalur ini merupakan masukan ke penguat osilator berpenguat tinggi. Mikrokontroler ini memiliki seluruh rangkaian osilator yang diperlukan pada chip, kecuali rangkaian kristal. Selain itu XTAL 1 juga dapat dipakai sebagai input untuk inverting osilator amplifier dan input ke rangkaian internal clock sedangkan XTAL 2 merupakan output dari inverting oscilator amplifier.

e. Pin 20

Merupakan ground sumber tegangan yang diberi simbol GND

f. Pin 21 sampai 28

Pin ini merupakan port 2 yang menjadi saluran (bus) input/output dua arah 8 bit dengan internal pull-up.

g. Pin 29

Merupakan sinyal pengontrol untuk mengakses program memori eksternal yang masuk ke dalam saluran (bus) selama proses pemberian atau pengambilan instruksi (fetching).

h. Pin 30

Merupakan penahan alamat memori eksternal (pada port 1) selama mengakses ke memori eksternal

i. Pin 31

External Access Enable (EA) merupakan sinyal kontrol untuk pembacaan memori program. Apabila diset rendah (L), maka mikrokontroler akan melaksanakan seluruh instruksi dari memori program eksternal sedangkan apabila diset tinggi (H) maka mikrokontroler akan melaksanakan instruksi dari memori program internal.

j. Pin 32 sampai 39

Pin ini merupakan port 0. Port 0 merupakan salah satu port yang berfungsi sebagai general purpose I/O dengan lebar 8 bit. Port 0 terdiri dari P0.0-P0.7. Selain sebagai jalur I/O, Port 0 juga berfungsi sebagai multiplexed addres/data bus.

k. Pin 40

Merupakan sumber tegangan positif yang diberi simbol VCC.

Silahkan Lanjutkan Membacanya dengan artikel selanjutnya : Struktur Memori  Mikrokontroler IC AT89S51dan Penjelasan Spesifikasi Mikrokontroler AT89S51 Lengkap dan Penjelasan Struktur Memori Mikrokontroler IC AT89S51
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

2 Responses to "Penjelasan Konfigurasi Pin Mikrokontroler IC AT89S51 Lengkap"