Literatur Buku

Penjelasan Dreamweaver MX Dan Kegunaan Toolbar Dreamweaver

blogger templates
Dreamweaver MX  adalah sebuah program aplikasi untuk membuat Website. Macromedia Dreamweaver MX  bukanlah sebuah program yang berdiri sendiri, tetapi adalah sebuah program yang merupakan bagian dari Macromedia. Sebuah program software yang ditujukan bagi perancangan situs web Internet. Macromedia Dreamweaver MX   berkesan canggih karena begitu nyaman dan enak dipakai, program ini sangat mudah dijalankan bagi pemula dibidang perancangan web sekalipun. Macromedia Dreamweaver MX   ini mempunyai komponen-komponen antara lain adalah Insert Bar, Menu bar, Document Windows, Tag Selector, Property Inspector, dan Panel Group, dimana setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda- beda.

Penjelasan Dreamweaver MX Dan Kegunaan Toolbar Dreamweaver lengkap dengan penjelasan Toolbar nya jadi anda tinggal membaca dan mengetahui apa Fungsi Fungsi dari toolba Dreamweaver MX, namun saya tidak menampilkan gambar yang ada pada file saya.

Toolbar

Toolbar adalah tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dari Macromedia Dreamweaver MX. Setiap tombol tersebut dapat langsung diklik untuk melakukan perintah tertentu. Biasanya tombol ini merupakan perintah-perintah yang sering digunakan dan terdapat pula pada menu bar.

Insert  Bar

Komponen ini mengandung tombol-tombol untuk menyisipkan berbagai macam objek seperti Image, Table, dan Layer kedalam dokumen. Seiap objek adalah kutipan kode HTML yang memberikan fasilitas bagi kita untuk mengatur atributnya sebagaimana kita menyisipkannya.

Insert Bar memiliki kategori-kategori elemen yang dapat disisipkan. Untuk memilih kategori yang diinginkan anda dapat mengklik tab-tab di bagian atas insert bar. Kategori-kategori yang ada yaitu:

Common

Digunakan untuk menyisipkan objek/elemen yang sering disisipkan dalam suatu halaman web, misalnya: Image, Table, Hyperlink, Flash, dan Lain-lain.

Digunakan untuk menyisipkan layer atau table, juga memberikan fasilitas untuk berpindah dari tampilan standar ke tampilan layout atau sebaliknya. Jika berada

pada tampilan layout akan tampak tombol untuk menggambar table layout dan sel layout.

Text

Digunakan   untuk   menyisipkan   teks   sesuai   format   yang   diinginkan, misalnya: Bold, Italic, Heading, List, dan Lain-lain.

Tables

Digunakan untuk menyisipkan table dan tag-tag untuk table. Tag-tag ini hanya dapat disisipkan pada modus code view.

Frames

Digunakan untuk membuat halaman web dengan frame.

Forms

Digunakan untuk menyisipkan form dan elemen-elemen form.

Templates

Digunakan apabila anda bekerja dengan template.

Characters

Digunakan untuk menyisipkan karakter-karakter khusus yang tidak dapat ditemukan pada keyboard anda, seperti tanda ¥, ©, dan sebagainya.

Media

Digunakan untuk menyisipkan berbagai media seperti: Objek Flash, Flash

Text, Flash Button, Applet, Activex, Shockwave, maupun plugin.

Head

Digunakan untuk menyisipkanelemen di dalam tag <head> dari halaman web, seperti meta tag.

Script

Digunakan untuk menyisipkan script, seperti JavaScript,VBscript.

Application

Digunakan untuk membuat aplikasi database dalam Dreamweaver MX.

Document Toolbar

Komponen ini mengandung tombol-tombol dan menu pop-up yang menyediakan tampilan berbeda dari document window (seperti design view dan Code view), pilihan menampilkan ruler, grid, dan beberapa operasi umum, seperti preview
di browser.

Document Window

Komponen ini merupakan komponen dimana dokumen kita dibuat dan ditampilkan. Kita menyisipkan teks, image, dan objek lain di bagian ini. Document window dalam Dreamweaver MX dapa menampilkan layout web seperti yang akan di lihat pada browser, tetapi ada batasan-batasan di Dreamweaver MX dengan tampilan di browser.

Panel Group

Panel  Group   adalah   kumpulan   panel   berkaitan   yang   dikelompokkan bersama  dibawah  satu  judul.  Untuk  mengekspansi  panel  group,  klik  pada  panah

expander di sebelah kiri nama group. Untuk membuat panel menjadi mengapung
(tidak menempel pada pojok window), lakukan drag pada paling  pojok kiri dari judul group.
Terdapat   beberapa   jenis   panel   group,   antara   lain:   Design,   Code, Application, Files, dan, Answer. Dalam suatu jenis group terdapat beberapa macam panel misalnya group design memiliki panel HTML Style, CSS Style, dan Behaviour. Masing-masing panel ini dapat di buat mengapung dan terpisah dengan group dengan cara men-drag tab dari panel tersebut sehingga terlepas dari panel group.

Tag Selector

Tag selector terletak pada status bar, fungsinya menampilkan hierarki tag di sekitar pilihan yang aktif pada design view. Klik pada sembarang tag di hierarki untuk menampilkan tag dan semua isinya.

Tag Selector Property Inspector

Property  Inspector  memberikan  fasilitas  untuk  melihat  dan  menubah berbagai property bjek yang dipilih atau teks setiap macam objek memiliki property yang berbeda.

Site Panel

Site Panel memberikan fasilitas untuk mengatur file dan folder yang membentuk situs web anda. Site panel sebenarnya merupakan anggota dari files panel group selain assets panel. Panel ini memiliki fungsi yang cukup penting karena memungkinkan kita bekerja dan mengatur file-file dari situs web dengan effisien.
Pada site panel, selain untuk manajemen file kita juga dapat melakukan koneksi ke remote server atau testing server, setelah koneksi dilakukan kita dapat
menaruh file ke server atau mencopy file dari server ke situs local.

Tag Inspector

Tag Inspector merupakan salah satu fasilitas baru Dreamweaver MX. Dimana kita dapat melihat hierarki tag dan atribut-atribut yang dapat ditambahkan atau  diedit  kita  dapat  menampilkan  tag  inspector  dengan  menu  Window  >  Tag
Inspector atau dengan menekan tombol F9 pada keyboard.

Snippets

Snippets merupakan kode yang sering digunakan dan disisipkan pada dokumen. Dreamweaver MX menyediakan banyak kode snippet built-in untuk berbagai keperluan, mulai dari footer, header, layout navigasi, fungsi JavScript dan sebagainya.

Hyperlink

Link  dalam  Macromedia  Dreamweaver  MX  disebut  Hyperlink  adalah sebuah perintah untuk menghubungkan sebuah objek dengan objek lain atau digunakan untuk menghubungkan halaman dalam suatu web. Untuk membuat suatu hyperlink ke dokumen atau halaman dalam suatu website bisa menggunakan teks dan bisa juga menggunakan image atau gambar.
Hyperlink menjadi alat agar link itu tercipta dan dapat dikerjakan. Teks yang ditambahkan atau dimasukkan link akan muncul garis bawah atau font yang berwarna lebih terang. Tanda keberadaan lain dari hyperlink adalah jika tanda penunjuk mouse digeser misalnya pada gambar, maka tanda penunjuk mouse itu akan berubah menjadi gambar tangan menuding.
Macromedia Dreamweaver MX   telah menyediakan fasilitas hyperlink otomatis untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain melalui tampilan hyperlink pada panel View. Link tersebut otomatis langsung diberikan pada saat ditambahkan halaman baru pada situs web yang dibuat. Halaman baru tersebut telah langsung di-link dengan halaman-halaman lain dalam situs web yang sama dan ada juga  link  yang  dihubungkan  ke  alamat  e-mail  didalam  suatu  Website,  tampilan halaman link e-mail dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Halaman Link E-mail

Database

Database  adalah  kumpulan  dari  item  data  yang  saling  berhubungan  satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu,  tersimpan  di hardware komputer  dan dengan  software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu.

Teori Struktur Navigasi

Struktur  Navigasi  adalah  struktur  atau  alur  dari  program.  Menerangkan struktur navigasi merupakan hal yang sebaiknya dilakukan sebelum membuat aplikasi homepage.
Ada empat macam bentuk dasar dari struktur navigasi yang biasa dilakukan didalam proses pembuatan homepage yaitu : Struktur Navigasi Hirarki, Struktur Navigasi Linier, Struktur Navigasi Nonlinier dan Struktur Navigasi Campuran.

Struktur Navigasi Hirarki

Homepage dianggap menjadi bagian teratas situs web dengan halaman- halaman berurutan yang mencabang dari homepage tersebut. Situs hirakial adalah situs yang paling umum, seringkali digunakan untuk halaman-halaman perusahaan atau pribadi, dengan homepage yang dijadikan pangkalan bagi area situs selebihnya.

Homepage


Contoh Struktur Navigasi Hirarki

Struktur Navigasi Linier

Setiap halaman dalam situs merupakan kelanjutan dari halaman sebelumnya. Homepage atau halaman hanyalah pertama dalam link sekuensial dari halaman- halaman. Situs yang berdasarkan pada struktur sekuensial seringkali
adalah situs bacaan yang menuturkan topik spesifik atau yang menceritakan pada pengguna sebuah judul spesifik.

Struktur Navigasi NonLinier

Halaman-halaman dikaitkan seperlunya, namun tanpa halaman tunggal termasuk homepage memiliki prioritas atas halaman-halaman lainnya. Ketika sebuah situs berisi data yang tidak jatuh dalam urutan tertentu yang telah ada, struktur web digunakan untuk memberi pengguna sebuah jalan bagi percabangan antar halaman yang ada. Sebuah sistem inventaris yang dirancang untuk internet perusahaan bisa menjadi calon yang baik untuk struktur ini.

Contoh Struktur Navigasi Nonlinier

Struktur Navigasi Campuran

Struktur Navigasi Campuran merupakan gabungan dari struktur sebelumnya dan disebut juga struktur navigasi bebas, maksudnya adalah jika suatu tampilan membutuhkan percabangan maka dibuatlah percabangan, seperti yang terlihat pada gambar 2.19 di bawah ini.

Masih banyak Loh yang sama dengan Penjelasan Di atas Di dalam Blog literatur buku ini Silahkan Cari Di sitemap kami.. atau daftar isi blog ini.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

1 Response to "Penjelasan Dreamweaver MX Dan Kegunaan Toolbar Dreamweaver"