Literatur Buku

Penjelasan Kamus Data (Data Dictionary) dan Proses Normalisasi

blogger templates
Kamus Data (Data Dictionary) dan Proses Normalisasi dua materi yang saya gabung dengan memberikan secara mendetail. namun jangan khawatir semua jelas dari Sumbernya Loh dan Buku yang saya Tulis kembali. jadi ini artikel asli dari karangan Buku.

Kamus data adalah katalog fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari sistem informasi. Notasi standar yang digunakan pada kamus data yaitu :
Penjelasan Kamus Data (Data Dictionary) dan Proses Normalisasi

SIMBOL        ARTI
=             Terdiri dari
+             And (dan)
( )           Pilihan (boleh Ya atau Tidak)
{ }           Iterasi/pengulangan proses
[ ]           Pilih salah satu pilihan
I             Pemisah pilihan didalam tanda [ ]
*            Keterangan atau catatan
@           Petunjuk (key field) Alias Nama lain untuk data

Normalisasi

Proses Normalisasi merupakan proses pengelompokkan data elemen menjadi tabel-tabel yang menunjukkan entity dan relasinya. Pada proses normalisasi selalu di uji pada beberapa kondisi. Apakah ada kesulitan pada saat menambah, menghapus, mengubah, membaca pada suatu database. Bila ada kesulitan pada pengujian tersebut maka relasi tersebut dipecahkan pada beberapa tabel lagi atau dengan kata lain perancangan belum mendapat database yang optimal. Semua hubungan database

selalu sudah ternormalisasi, dalam arti bahwa semua hubungan sudah terdefinisikan tehadap domain sederhana, yaitu domain yang hanya berisi nilai atomic.

Normalisasi bertujuan untuk menghilangkan atau mengurangi data yang duplikasi, agar mendapatkan bentuk yang lebih baik dan cepat.

Berikut ini uraian mengenai tingkatan-tingkatan yang ada dalam normalisasi, semua normalisasi di kutip dari buku “ An Introduction to Database System, Canada: ( Adision – Wessley Publishing Company, 181, Third Edition ), hal 237.

First Normal (1 NF)

  • Suatu relasi R berada pada 1 NF jika dan hanya jika semua domainnya sudah berisi atom semua. Second 

Normal Form (2 NF)

  • Suatu relasi R berada pada 2 NF jika dan hanya jika sudah berada pada 1 NF dan setiap atribut yang bukan key tergantung sepenuhnya terhadap primary key.

Third Normal (3 NF)

  • Sustu relasi R berada pada 3 NF jika dan hanya jika sudah berada pada 2 NF dan setiap atribut yang bukan key dan tidak tergantung secara transitif primary key.

Kunci dalam Normalisasi yang digunakan pada sistem adalah sebagai berikut:

a. Kunci Kandidat (Candidate Key)

Candidat Key adalah satu atribute atau satu set minimal atribute yang mengidentifikasikan secara unik suatu kejadian spesifik dari entity.

b. Kunci Primer (Primary Key)

Primary key adalah satu atribute atau satu set minimal atribute yang tidak hanya mengidentifikasi secara unik suatu kejadian spesifik, tapi juga dapat mewakili setiap kejadian dari suatu entity.

c. Kunci Alternatif (Alternate Key)

Alternate key adalah Candidat Key yang tidak dipakai sebagai primary key. Kerap kali Alternate Key dipakai sebagai kunci pengurutan dalam laporan misalnya.

d. Kunci Tamu (Foreign Key)

Foreign key adalah satu atribute yang melengkapi satu relationship yang menunjukkan ke induknya. Foreign Key ditempatkan pada entity anak dan sama dengan primery key dihubungkan (relation).
Setelah anda Membaca Atau Mengcopy Artikel ini lebih baik anda berlangganan Melalui FansPage facebook kami karena disana disediakan referensi terbaru buat anda. tidak ada salahnya Like Facebook kami karena akan berdampak PoSitif Buat anda sendiri. dengan mengikuti Artikel Terbaru dari Literatur buku ini. Bila anda Ingin Mengetahui Visi misi kami Membuat blog Literatur Buku Silahkan baca Tentang Blog Literatur Buku Atau Kumpulan Referensi
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

1 Response to "Penjelasan Kamus Data (Data Dictionary) dan Proses Normalisasi"

  1. sumber lu dari mana tong. tulis nama sumbernya, eek

    ReplyDelete