Literatur Buku

Penjelasan Landasan Teori Media Pembalajaran

blogger templates
Literatur Buku - Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara atau pengantar dan bentuk jamak dari media adalah medium. Medium dapat didefenisikan sebagai perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima (Heinich dkk dalam Sujarwo, 2011: 17). Menurut Cangara (2006: 56) dalam (Pengantar Ilmu Komunikasi), media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Dengan kata lain media adalah sumber belajar mengandung materi dan informasi di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. 


Penjelasan Landasan Teori Media Pembalajaran - Menurut Wuyono (2011: 45, pembelajaran ialah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah. Mengajar dilakukan oleh guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh siswa sebagai peserta didik. Dengan kata lain pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Dalam interaksi tersebut banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal yang datang dari diri individu maupun faktor eksternal yang datang dari lingkungan. 

Berdasarkan beberapa teori di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat yang digunakan pada proses pembelajaran sebagai penyalur pesan antara guru dan siswa yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga mendorong terjadinya proses belajar mengajar ketingkat yang lebih efektif dan efisien agar tujuan pembelajaran tercapai

Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat. Penggunaan media mempunyai tujuan memberikan motivasi kepada siswa. Selain itu media juga harus merangsang siswa mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan siswa dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong siswa untuk melakukan praktik-praktik dengan benar.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

1 Response to "Penjelasan Landasan Teori Media Pembalajaran"

  1. Do you understand there's a 12 word phrase you can speak to your partner... that will trigger intense feelings of love and impulsive appeal for you buried inside his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, admire and care for you with his entire heart...

    =====> 12 Words Who Trigger A Man's Desire Impulse

    This instinct is so built-in to a man's mind that it will drive him to work harder than ever before to make your relationship as strong as it can be.

    Matter-of-fact, triggering this powerful instinct is absolutely important to achieving the best ever relationship with your man that the instance you send your man a "Secret Signal"...

    ...You will soon notice him open his soul and heart for you in a way he's never experienced before and he will perceive you as the one and only woman in the world who has ever truly appealed to him.

    ReplyDelete